Seminar nasional lingkungan lahan basah 2017 yang dilaksanakan pada 11 November 2017 merupakan wadah temu ilmiah yang diadakan  oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat, sebagai forum interaksi, kolaborasi, dan integrasi antara peneliti, pendidik dan praktisi. Melalui seminar nasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia khususnya bidang penelitian yang berbasis di lahan basah dan ilmu terapannya. Seminar yang bertemakan “ Potensi, Peluang dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan Basah secara Berkelanjutan” ini menghadirkan tiga pembicara utama, yaitu :

  1. Prof Dr. Ir. Chafid Fandeli, MS (Pakar Konservasi Suber Daya Kehutanan, Guru Besar Fakultas Kehutanan MIPA UGM)
  2. Prof. Sutiman Bambang Sumitro, MS, D.Sc (Pakar Biologi Sel dan Nano Biologi, Guru Besar Fakultas MIPA Universitas Brawijaya)
  3. Prof. Dr. Ir. MOchammad Arief Soendjoto, M.Sc (Pakar Konservasi Flora dab Fauna, Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat)

Seminar nasional lingkungan lahan basah merupakan seminar ketiga sejak tahun 2015. Adapun jumlah makalah yang diterima dan dipresentasikan sebanyak 152 dengan topic kajian meliputi Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kesehatan dan obat-obatan, Biodiversitas dan Bioteknologi, Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Energi Baru dan Terbarukan, Hukum dan Kebijakan, Sosial, Ekonomi, Seni dan Budaya, Pendidikan dan Pemberlajarannya. Peserta mencakup dari 33 institusi. Pada kesempatan ini Bapak Dr. Ir. Bambang Rahadi Widiatmono, MS berpartisipasi sebagai pemakalah dengan judul makalah adalah “Dampak Pembangunan Waduk di Hutan Lindung Terhadap Daya Dukung Lingkungan”.