Japan Science and Technology Agency (JST) memiliki program Japan-Asia Youth Exchange Program in Science (SAKURA Exchange Program in Science). Program ini merupakan program untuk meningkatkan pertukaran antara pemuda di Asia dan Jepang yang akan memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan program adalah untuk meningkatkan ketertarikan pemuda Asia terhadap keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi Jepang melalui kolaborasi antara industri akademia – pemerintah dengan memfasilitasi kunjungan singkat (short-term visit) para pemuda Asia terpilih ke Jepang.

Pada tahun 2017, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya bekerjasama dengan International Education Affairs Faculty of Engineering University of Miyazaki, yang dibawah koordinasi Prof. Keisuke Murakami berhasil mendapatkan selama tiga tahun mulai tahun 2017 sampai tahun 2019. Bentuk kegiatan dalam program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 dan S2 untuk melakukan kunjungan di Jepang guna memperoleh informasi terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di Jepang.

Pada tahun ini, SAKURA Exchange Program in Science akan direncanakan berlangsung mulai tanggal 29 Oktober – 7 November 2017 di Tokyo dan Prefecture Miyazaki, Jepang.  Tema kegiatannya adalah Sustainable utilization of watershed environment and its management (Pemanfaatan lingkungan daerah aliran sungai (DAS) secara lestari dan pengelolaannya). Saat ini, para lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan untuk memperoleh solusi optimal dalam situasi yang tidak konsisten dari sudut pandang multilateral. Dalam program ini, para peserta mempelajari teknik pengelolaan daerah aliran sungai yang tepat dari sudut pandang pertanian dan teknik. Peserta memiliki pelatihan untuk memahami pengelolaan daerah aliran sungai dan pengelolaan sumber daya air dari sudut pandang sirkulasi hidrologi.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 5 orang mahasiswa S1 dan 5 orang mahasiswa S2, dan seorang koordinator, yaitu Dr. Eng Akhmad Adi Sulianto. Rombongan akan melaksanakan kunjungan selama sepuluh (10) hari. Para peserta akan mengikuti kuliah umum, kunjungan ke laboratorium, serta kunjungan langsung ke tempat­tempat penelitian yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan DAS yang baik, kondisi harmonis antara lingkungan alam, pemanfaatan DAS dan pencegahan bencana, untuk pembangunan berkelanjutan. Adapaun jadwal kegiatan program SAKURA Exchange Program in Science tahun 2017 adalah sebagai berikut:

Tabel Jadwal kegiatan SAKURA Exchange Program in Science tahun 2017

Tanggal Waktu Kegiatan Lokasi
2017-10-28 AM Berangkat dari Malang ke Jakarta Malang
2017-10-28 AM Berangkat dari Jakarta ke Tokyo Jakarta
2017-10-29 AM Tiba di Tokyo Tokyo
PM Kunjungan ke Museum Nasional Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2017-10-30 AM Kunjungan ke Institut Penelitian Pekerjaan Umum Tokyo
PM
2017-10-31 AM Berangkat dari Tokyo ke Miyazaki Miyazaki
PM Orientasi dan Studi Lapang di Kampus University of Miyazaki
2017-11-01 AM Kegiatan Kuliah tentang “Flood disaster and its management in Japan” (Bencana Banjir dan Pengelolaannya di Jepang) Miyazaki
PM Kegiatan Kuliah tentang “Land slide disaster and its management in Japan” (Tanah Longsor dan pengelolaannya di Jepang)
2017-11-02 AM Kegiatan Kuliah tentang “Water resources management in Japan” (Sumberdaya Air dan Pengelolaannya di Jepang) Miyazaki
PM Kegiatan Kuliah tentang “Water resources management in Agricultural field Japan” (Sumberdaya Air dan Pengelolaannya pada bidang Pertanian di Jepang)
2017-11-03 AM Kunjungan Lapang Pengelolaan Sumbedaya Air Miyazaki
PM
2017-11-04 AM Kunjungan Lapang dan Pengenalan Budaya Jepang Miyazaki
PM
2017-11-05 AM Kunjungan Lapang dan Pengenalan Budaya Jepang Miyazaki
PM
2017-11-06 AM Presentasi dan Diskusi oleh peserta Miyazaki
PM Penutupan
2017-11-07 AM Berangkat dari Miyazaki ke Tokyo Tokyo
PM Berangkat ke Jakarta dari Tokyo (Bandara Haneda)