Tentang KPRL

Tabel 1. Susunan Anggota KPRL

No. Nama dan Gelar Keahlian Institusi
1 Dr. Ir. Bambang Rahadi Widiatmono MS Pengelolaan Lingkungan F. Teknologi Pertanian
2 Dr.Eng. A. Adi Sulianto, STP, M.Eng Pengelolaan Daerah Pesisir F. Teknologi Pertanian
3 Dr. Eng. I Nyoman Wijaya Suluh, ST, MT Tata Ruang Pemukiman F. Teknik
4 Euis Elih Nurlaelih, SP, MP Tata Ruang dan Pemukiman F. Pertanian
5 Novia Lusiana, STP, MSi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan F. Teknologi Pertanian

Visi

Menjadi Kelompok Peneliti Rekayasa Lingkungan  yang unggul dan mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui proses, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan holistic.

Misi

Kelompok Peneliti Rekayasa Pengelolaan Lingkungan mempunyai misi :Melaksanakan penelitian, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup  secara terpadu dan holistik.

Tujuan

  • Menghasilkan hasil-hasil penelitian sebagai bahan pengabdian kepada masyarakat yang berguna untuk dalam perancangan pengelolaan
  • Membantu pemerintah dalam pengambilan keputusan dalam tata kelola lingkungan hidup untuk mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan mengendalikan kerusakan-kerusakan lingkungan.

Sasaran

Rencana penelitian lima tahun oleh Kelompok Peneliti Rekayasa Lingkungan (KPRL) ditujukan pada pengembangan model daya dukung dan daya tampung lingkungan, berdasarkan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana maka disusun rencana penelitian tahun 2013 –tahun 2018.Disadari bahwa pada saat ini KPRL sedang akan dikembangkan sedangkan isu masalah lingkungan dan tuntutan stakeholderspenyelesaian masalah lingkungan makin kompleks dan sesuai cita-cita pemerintah untuk mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan maka (KPRL) ikut berpartisipasi dan mampu memberikan kontribusi dalam penciptaan penataan ruang yang berwawasan lingkungan. Untuk itulah diperlukan  manajemen yang baik dan benar.

Pembentukan kelompok peneliti KPRL adalah suatu upaya untuk melakukan penelitian yang terus menerus sehingga didapat suatu hasil penelitian yang utuh sesuai dengan target penelitian. Maka dalam kurun lima tahun mendatang KPRL mempunyai Rencana Strategis:

  • Terwujudnya struktur organisasi kelompok peneliti.
  • Mewujudkan suatu penelitian yang kontinyu dan terencana.
  • Mampu mengimplementasikan hasil penelitian melalui pelatihandan pengabdian masyarakat. yang dapat digunakan untuk masukkan dalam perencanaan pengelolaan DAS dan pesisir terpadu bagi instansi pemerintah.
  • Membentuk jejaring antar perguruan tinggi dan stakeholder didalam dan luar negeri.
  • Tersedianya sarana dan prasarana untuk penelitian.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi kelompok peneliti terdiri dari peneliti utama dan tenaga pendukung.  Pada pelaksanaan tenaga pendukung lebih banyak dibandingkan peneliti utama karena keterbatasan harus menyesuaikan dengan format penelitian yang diusulkan. Dengan keterbatasan yang harus sesuai format maka tersusun kelompok peneliti rekayasa lingkungan (KPRL) seperti Gambar 1.

Gambar 1 menunjukan hubungan mekanisme kerja dari peneliti, Peneliti utama terdiri dari ketua dan anggota peneliti. Sedangkan tenaga pendukung mengisi tugas sekretariat, bendahara, asisten peneliti dan surveyor.

Bagan Organisasi

Gambar 1. Susunan Kelompok Peneliti Rekayasa Lingkungan (KPRL)